Begini Kriteria Pelatih Idaman Juan Mata

Begini Kriteria Pelatih Idaman Juan Mata

Begini Kriteria Pelatih Idaman Juan Mata

Berita Bola, Juan Mata mengurai kriteria pelatih ideal yang menurutnya bisa sukses dengan tim yang diasuhnya. Menurut Mata, seorang pelatih harus mampu berkomunikasi dengan pemainnya.

Mata sendiri sudah banyak merakan tangan dingin seorang pelatih kelas dunia sepanjang karir profesionalnya. Pemain Manchester United ini pernah dilatih oleh Louis van Gaal, Carlo Ancelotti, Rafael Benitez, hingga kini bersama Jose Mourinho level klub.

Mata juga pernah dilatih oleh Luis Aragones, Vicente del Boque hingga Luis Milla bersama timnas Spanyol.

“Anda harus menjadi pemimpin di saat yang baik maupun buruk. Anda juga harus bisa membuat setiap pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” buka Juan Mata dikutip dari Soccerway.

Baca Juga : Inter Jajaki Kemungkinan Beli De Rossi

“Ini sulit, tapi mengelola kepribadian pemain bisa dibilang lebih penting daripada aspek taktik atau bahkan kondisi fisik,” sambungnya.

Mata melihat karakter yang ia sebutkan ada pada diri Jose Mourinho. Menurutnya, hal itulah yang selama ini menjadi kunci sukses Mourinho dalam menangani banyak klub dalam karirnya.

Selain itu, pemain berusia 28 tahun juga melihat Mourinho sebagai sosok yang bisa memberikan motivasi pada pemain. “Memiliki kemampuan untuk memotivasi para pemain dan berkomunikasi dengan cara yang positif adalah apa yang membuat suasana terasa nyaman,” tutupnya